0

Manfaat Yoghurt

imagesYoghurt banyak yang menjadikannya sebagai menu diet yang sangat amat digemari. Yoghurt memiliki rasa asam yang khas, karena yoghurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan kenyal. Saat ini banyak varian yoghurt dengan tambahan buah-buahan, sehingga tidak hanya manfaat yoghurt yang diperoleh namun manfaat buah-buahan sebagai pelengkapnya juga didapatkan.

Sejumlah kandungan yoghurt seperti protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6 dan juga vitamin B12 membuatnya bermanfaat untuk kesehatan dan perawatan kecantikan.

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan
Yoghurt memiliki kemampuan untuk meningkatkan protein dan kalsium pada tulang. Hal ini juga dapat membantu menyehatkan pencernaan hingga menghindari terjadinya darah tinggi. Manfaat yogurt ini terdapat dalam yoghurt favorit anda seperti Yunani yoghurt, kedelai organik dan sebagainya. Berikut ini manfaat yoghurt untuk kesehatan.

1. Sarat Vitamin
Yoghurt adalah sumber signifikan dari kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng, dan vitamin B5 (asam pantotenat). Yoghurt juga mengandung B12, untuk mempertahankan sel-sel darah merah dan membantu menjaga sistem saraf berfungsi dengan baik. “Vitamin B12 kebanyakan ditemukan dalam produk hewani, seperti daging ayam dan ikan, sehingga seorang vegetarian mungkin sulit untuk mendapatkannya,” kata Jackie Newgent, RD, seorang anggota dewan penasihat fitness dan penulis Big Green Cookbook.

Makan lebih banyak yogurt dapat membantu mengurangi kesenjangan nutrisi: Seporsi yoghurt (8 ons) menyediakan yaitu 60% kebutuhan vitamin wanita dewasa.

2. Mencegah Darah Tinggi
Setiap hari sekitar 70 persen dari kita, mengkonsumsi lebih dari dua kali jumlah garam yang disarankan. Hal yang dilakukan dari waktu ke waktu ini dapat menyebabkan hipertensi dan ginjal. Kalium dalam yogurt, dapat membantu membuang kelebihan sodium keluar dari tubuh.

3. Menyehatkan Gigi
Meskipun yoghrt mengandung gula tapi tidak menyebabkan gigi berlubang. Asam laktat dalam yogurt juga ada untuk memberikan perlindungan gusi. Orang-orang yang makan setidaknya dua ons yoghurt per hari, memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit periodontal yang parah daripada orang-orang yang tidak melakukannya.

4. Makanan berprotein tinggi
Yogurt dapat menjadi sumber protein yang sangat baik. Yogurt Yunani dibuat lebih tebal dan memiliki 20 gram protein per porsi. Sedangkan yoghurt tradisional sedikitnya memiliki 5 gram protein. Jika mungkin anda membutuhkan protein, cari merek yang menyediakan sekitar 8 sampai 10 gram protein per porsi.

5. Membantu Pencernaan
Prebiotik (bakteri menguntungkan) dalam beberapa yogurt menyeimbangkan mikroflora dalam usus Anda, yang dapat membantu pencernaan serta menjaga Anda biasa, kata Robin Plotkin, RD, seorang ahli kuliner dan gizi. Namun pastikan yoghurt favorit anda, mengandung setidaknya satu miliar unit pembentuk koloni (CFUs) budaya hidup. Continue reading

0

Pentingnya Sayuran

Nutrisi-penting-sayuran1Budaya makan sayuran telah ada sejak jaman dahulu, bahkan jauh sebelum ada ilmu gizi yang menyatakan dengan jelas akan manfaatnya bagi kesehatan. Menurut banyak literatur, manusia purba sudah makan produk dari tanaman lebih banyak dari daging, karena memang itulah makanan yang banyak tersedia disekitar mereka. Seiring dengan berkembangnya peradaban, budaya pertanian pun akhirnya dikembangkan.

Kita tahu Sayur-sayuran memang kaya akan vitamin, mineral dan serat, yang semuanya penting untuk diet sehat. Penelitian juga menunjukkan, bahwa semakin banyak makan sayuran, maka semakin besar kemampuan tubuh kita untuk menangkal penyakit.

Makan Sayuran adalah sebuah keharusan bagi yang sadar akan pentingnya kesehatan, karena tidak semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh ada pada produk hewani. Akan tetapi manusia juga masih perlu untuk mengkonsumsi produk hewani dengan alasan yang sama. Tubuh juga memerlukan banyak protein dan asam lemak, dan ini yang banyak ditemukan dari sumber hewan. Bagaimanapun, tubuh kita juga butuh keseimbangan untuk melaksanakan fungsinya dengan baik.
Seberapa penting sayuran bagi kesehatan tubuh Kita?

Banyak untungnya jika Anda melengkapi diet sehat Anda dengan lebih banyak sayur-sayuran dan buah-buahan. Berikut alasan bahwa makan sayur itu adalah penting:

Bergizi tinggi namun rendah lemak
Sayuran dan buah-buahan sama, mereka rendah lemak namun mengandung jumlah vitamin dan mineral yang tinggi. Semua jenis sayuran, seperti sayur berdaun hijau dan orange merupakan sumber yang kaya kalsium, magnesium, kalium, zat besi, beta – karoten, vitamin B – kompleks, vitamin C, vitamin A , dan vitamin K.

Sumber terbesar zat antioksidan
Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga merupakan sumber antioksidan. Ia adalah zat yang memiliki peran penting, terutama membantu melindungi tubuh manusia dari penyakit(kekebalan tubuh), mengurangi resiko kanker, dan menyingkirkan Oksidan.

Zat Oksidan, atau juga sering disebut dengan radikal bebas, adalah molekul yang racun dan merusak bio molekul dalam sel. Karena bersifat merusak(mengoksidasi) bio molekul sehat dalam sel, maka oksidan yang tak tertanggulangi ini bisa menyebabkan penyakit berat seperti kanker dan jantung. Oksidan atau Radikal bebas akan semakin cepat menjadi banyak, oleh faktor lingkungan yang tinggi polutan. Dengan demikian maka tubuh kita memerlukan zat yang bersifat antioksidan, yaitu sebagai tandingan untuk menyingkirkan zat perusak yang bernama oksidan. Jadi pentingnya sayuran dan buah ini karena mereka adalah makanan yang tinggi mengandung antioksidan, sehingga akan membuat kita jauh dari penyakit. Continue reading

0

Manfaat Air Putih

airAir merupakan sumber kehidupan, kenapa? Karena 90% tubuh manusia terdiri dari air, jadi jika kekurangan air sangat fatal akibatnya bagi tubuh karena bisa menyebabkan kematian. Manfaat air putih sangatlah banyak, meminum air putih setiap hari adalah wajib hukumnya.

Minimal tubuh membutuhkan 1 liter air putih setiap harinya, semakin berat kerja tubuh semakin banyak air yang dibutuhkan. Meminum air putih sebaiknya dilakukan sejak bangun tidur sampai akan tidur. Sebab, meminum air setelah bangun tidur dan sebelum tidur sangat baik manfaatnya untuk tubuh.
Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh Untuk Diet

manfaat-minum-air-putih-untuk-diet

Manfaat minum air putih setiap hari sangat banyak, salah satunya air putih bisa membuat tubuh selalu dalam keadaan stabil dan fit. Berikut beberapa manfaat yang dapat diambil dari minum air putih setiap harinya.

1. Merawat kulit

Minum air putih satu liter setiap harinya dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan juga terawat. Air putih bisa menghilangkan kotoran yang ada dalam tubuh dan juga kulit. Kulit yang kekurangan air dapat mengalami kekeringan dan dapat merusak kesehatan kulit.

2. Memperlancar pencernaan

Manfaat air putih bagi tubuh yang selanjutnya yaitu dapat memperlancar pencernaan. Air putih dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat dan juga lancar. Orang yang rutin meminum air putih setiap harinya dapat terhindar dari sembelit ataupun gangguan pencernaan lainnya.

3. Menjaga metabolisme tubuh

Manfaat dari air putih yang lainnya yaitu bisa membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa 90% tubuh terdiri dari cairan, jadi sebisa mungkin kebutuhan air dalam tubuh harus dipenuhi. Dengan terpenuhinya kebutuhan air dalam tubuh bisa menjadikan metabolisme dalam tubuh tetap terjaga dengan baik. Continue reading

0

Pentingnya Istirahat Bagi Kesehatan

Tidur-dan-Istirahat-Cukup-Setelah-MelahirkanManfaat istirahat yang cukup ini dirasakan dari rutinitas tidur malam. Saat tidur malam bukan hanya sekedar kebutuhan biologis makhluk hidup namun, lebih bertujuan kepada tahap regenarasi tubuh di setiap harinya. Dalam tahap fase pertumbuhan manusia, kebutuhan terhadap istirahat yang cukup ini berbeda-beda namun, memiliki keutamaan yang kurang lebih sama untuk kesehatan tubuh, seperti berikut ini :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sistem imun tubuh merupakan unsur kekebalan tubuh yang menghadang penyerangan virus pada tubuh. Pada waktu tidur alam akan dihasilkan hormon meletonin sebagai antioksidan yang menangkal bibit penyakit dan radikal bebas. Melatonin akan optimal diproduksi tubuh saat cahaya gelap sehingga, matikan lampu saat tidur agar produksi hormonnya meningkat.

2. Waktu untuk toksin racun

Racun yang mungkin bisa terbawa masuk ke dalam makanan yang masuk dikonsumsi. Saat tidur merupakan waktu yang sangat tepat dan dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membuang racun. Proses pengeluaran racun ini terjadi pada waktu tidur malam pada waktu-waktu tertentu, sehingga jangan kacaukan waktu biologis tidur anda agar proses toksin ini tidak terganggu.

3. Melancarkan Pencernaan

Saat tidur organ pencernaan akan maksimal bekerja, terlebih lagi organ lambung. Lambung akan menguras isi lambung karena gerak peristaltik dan getah pencernaan yang meningkat. sebaiknya anda tidak makan menjelang tidur. Secara alami asam lambung meningkat saat tidur. Jika lambung penuh makanan maka asam lambung akan semakin banyak dan mengakibatkan sakit maag. Untuk menghindarinya, tidurlah dua jam setelah makan.

4. Mengoptimalkan Kemampuan Otak

Daya konsentrasi yang meningkat juga merupakan manfaat istirahat yang cukup karena pengaruhnya terhadap hormon kecerdasan otak yaitu noradrenalin dan serotonin. Ketika dua hormon ini jika menurun, maka konsentrasi anda juga akan menurun. Kedua hormon ini dipulihkan dengan tidur. Jika tidur anda terganggu malah hanya akan memperburuk kemampuan otak.

5. Menghilangkan kantung mata hitam

Dengan istirahat yang cukup kita dapat menghilangkan kantung mata hitam dan mencegah timbulnya kantung mata yang mungkin dapat semakin besar Continue reading

0

Manfaat Berolahraga

64162648_olah-raga_663_382Olahraga adalah kegiatan untuk melemaskan otot-otot yang sangat penting dilakukan bagi setiap orang demi menjaga kesehatan tubuh

Olahraga adalah kegiatan untuk melemaskan otot-otot yang sangat penting dilakukan bagi setiap orang demi menjaga kesehatan tubuh. Sebab dengan rajin berolahraga maka tubuh akan menjadi sehat dan bugar. Olahraga juga sangat dianjurkan bagi orang yang kesehatannya kurang baik maupun yang sedang menjalankan program diet karena olahraga mampu mengembalikan kesehatan tubuhyang lemas dan dapat membakar lemak dalam tubuh.

Untuk itu, penting bagi Anda menanamkan arti pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga dapat Anda lakukan dimana saja, jalan kaki atau lari mengelilingi komplek setiap pagi juga sudah termasuk olahraga. Yang terpenting adalah melakukan olahraga sebagai kegiatan rutin setiap hari agar kita dapat mengambil manfaatnya.

Berikut ini adalah manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh :
1. Meningkatkan daya tahan tubuh.
Melakukan olahraga secara rutin dan teratur dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga jika daya tahan tubuh kita bagus maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

2. Meningkatkan kemampuan otak.
Manfaat olahraga secara teratur setiap hari dapat meningkatkan pasokan oksigen dalam tubuh sehingga sirkulasi darah dalam tubuh terutama aliran darah ke otak juga akan lancar sehingga otak bekerja lebih baik lagi.

3. Membakar lemak.
Olahraga merupakan kegiatan yang sudah terbukti dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga sangat disarankan bagi Anda yang ingin melangsingkan tubuh untuk melakukan olahraga secara teratur setiap hari.

4. Mengurangi stres.
Olahraga berfungsi untuk meregangkan otot-otot tubuh sehingga membuat tubuh dan otak menjadi segar setiap saat. Dengan tubuh dan otak yang segar maka akan menjadikan Anda terhindar dari stres yang mungkin dapat dialami kapanpun juga. Continue reading

0

Pentingnya Imunisasi

imunisasiImunisasi merupakan investasi kesehatan masa depan karena pencegahan penyakit melalui imunisasi merupakan cara perlindungan terhadap infeksi yang paling efektif dan jauh lebih murah dibanding mengobati seseorang apabila telah jatuh sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Dengan imunisasi, anak akan terhindar dari penyakit infeksi berbahaya, maka mereka memiliki kesempatan beraktifitas, bermain, belajar tanpa terganggu masalah kesehatan. Namun demikian, sampai saat ini masih terdapat masalah-masalah dalam pemberian imunisasi, antara lain pemahaman orang tua yang masih kurang pada sebagian masyarakat, mitos salah tentang imunisasi, sampai jadwal imunisasi yang terlambat.

Program imunisasi adalah cara terbaik untuk melindungi sesorang dari serangan penyakit yang berbahaya dan juga mematikan khususnya bagi bayi dan anak-anak. Banyak sekali kematianme akibat penyakit bisa dicegah dengan menggunakan imunisasi ini, akan tetapi banyak org masih meragukan keamanannya. Imunisasi di Indonesia dikenal oleh masyarakat sejak tahun 1970. Pemberian imunisasi pada bayi bertujuan agar tidak rentan terkena penyakit sejak dini hingga ketika tumbuh dewasa. Diklaim bahwa tindakan imunisasi dapat membangkitkan kekebalan tubuh yang ada di dalam tubuh manusia akan serangan dari virus tanpa menimbulkan efek samping atau efek berbahaya lainnya. Adapun penyakit berbahaya yang bisa dicegah dengan imunisasi adalah penyakit Polio, Campak, Hepatitis A, Hepatitis B dan juga Tetanus.

Berikut dijelaskan manfaat imunisasi untuk bayi dan anak:

1. Menghindarkan bayi dari serangan penyakit
2. Memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit menular
3. Meningkatkan kesehatan Nasional

Semakin banyaknya jenis imunisasi yang ada saat ini membuat para orang tua bingung. Oleh karena itu penjelasan menganai imunisasi ini perlu sekali untuk disosialisasikan secara jelas. Sasaran imunisasi untuk anak dikategorikan menjadi 2, yaitu untuk bayi dan batita. Untuk bayi, imunisasi yang diberikan merupakan imunisasi dasar yang terdiri atas Hepatitis, BCG, Polio 1-4, Pentavalen (DPT-BH-Hib), dan campak. Untuk batita, imunisasi yang diberikan merupakan imunisasi lanjutan. Imunisasi lanjutan ini tak kalah pentingnya untuk pencegahan penyakit pada anak. Untuk imunisasi lanjutan, anak akan diberikan DPT-HB-Hib dan campak. Ada 5 imunisasi yang wajib diberikan kepada bayi yakni:

1. BCG (Bacille Calmette-Guérin)

Manfaat: Mencegah penyakit tuberkulosis atau TB (bukan lagi disingkat TBC), yaitu infeksi yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini paling sering menyerang paru-paru, walaupun pada sepertiga kasus menyerang organ tubuh lain dan ditularkan orang keorang.

Waktu pemberian: Sejak bayi lahir.

Catatan khusus: Bila mama ketinggalan dan umur si kecil sudah lebih dari 3 bulan, harus dilakukan uji tuberkulin terlebih dulu. Uji ini untuk mengetahui apakah di dalam tubuh anak sudah terdapat bakteri penyebab TB atau tidak. BCG baru bisa diberikan, bila uji tuberkulin negatif. Continue reading

0

Khasiat Buah Tomat

tomatBuah Tomat sering dianggap sayuran. Tomat merupakan makanan yang sangat serbaguna. Satu buah tomat mengandung sekitar 22 kalori, 0 gram lemak, 5 gram karbohidrat, 1 gram serat makanan, 1 gram protein dan 6 miligram natrium. Hal ini juga menyediakan 40 persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan vitamin C, 20 persen dari RDA vitamin A, 2 persen dari RDA besi, dan 1 persen dari RDA kalsium.

Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat tomat bagi kesehatan :
1. Menangkal Kanker, Sejumlah penelitian telah menyimpulkan bahwa tomat lebih banyak orang makan risiko lebih rendah kanker tertentu, terutama paru-paru, lambung, dan kanker prostat. Sebuah zat yang disebut lycopene, yang bertanggung jawab untuk warna tomat merah, diperkirakan menjadi alasan untuk efek kanker pelindung. Olahan, tomat mengandung lycopene bahkan lebih dari yang baku. Proses memasak istirahat menuruni dinding sel, membantu untuk melepaskan lycopene. Makan tomat dengan sedikit lemak, seperti minyak zaitun, membantu lycopene akan lebih baik diserap oleh tubuh.

2. Mencegah Kerusakan DNA, Khasiat Tomat yang kaya akan antioksidan penting seperti vitamin C dan vitamin A. Vitamin ini bekerja untuk menangkis kerusakan DNA akibat radikal bebas. Akibatnya, tomat dapat membantu untuk menangkal penyakit terkait usia seperti aterosklerosis dan diabetes.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung, Tomat mengandung nutrisi penting, seperti niacin, asam folat dan vitamin B6, yang telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung. Satu studi menemukan bahwa wanita yang makan 7 sampai 10 porsi produk tomat per minggu memiliki risiko 29 persen lebih rendah dari penyakit jantung dibandingkan wanita yang mengonsumsi kurang dari satu porsi setengah dari produk tomat setiap minggu. Hasil itu bahkan lebih mengesankan ketika wanita makan kaya minyak produk tomat Continue reading